Pada postingan saya sebelumnya saya ceria ttg Daihatsu Midget alias bemo orang pada umumnya menyebut nya. Kondisi bemo tersebut cukup komplit namun kondisi mesin nya terurai dan tidak ada tanda untuk bisa dirakit kembali. Saya memutuskan untuk mencari mesin pengganti saat restorasi nantinya. Saya sadar kalau mencari mesin bemo tidak akan mudah...maka sementara unit bemo saya parkir di samping kandang ayam. Mulailah orang2 rumah menyebut unit ini bemo kandang pitik!!!
Hasil googling dan tanya sana sini mengatakan kl di Thailand masih bisa mendapatkan mesin dalam kondisi bagus Atau minim bekas rekondisi. Yah di Thailand memang populasi tuk tuk (generasi setelah bemo) masih banyak dan jadi primadona pariwisata negeri itu. Tapi tentunya tidak mudah untuk mendatangkan mesin dari sana karena pertimbangan biaya kirim dan lain lain. Sementara toko2 penyuplai onderdil bemo di tanah air tdk punya stok mesin jg.
Rupanya nasib masih berpihak. Saat sy cuti ke Jakarta tahun lalu saya sempat main ke daerah Kalimalang. Di situ masih banyak saya jumpai bemo2 yang beroperasi dan bahkan ada satu tempat yg menurut saya menjadi bengkel merangkap pool untuk bemo2 yang perlu perawatan. Tanpa membuang waktu saya mencari kawan2 yang berdomisili di sekitar Kalimalang. Akhirnya berkat bantuan teman Mr. Pram saya mendapatkan infomasi salah satu armada yang telah pensiun siap untuk dilepas. Memang sangat disayangkan bahwa unit yang satu ini tidak dapat saya selamatkan/dihidupkan kembali. Tapi mau bagaimana lagi saat ini saay benar2 memerlukan onderdil dari mobil donor. Dengan berat hati maka di kanibal lah 1 unit daihatsu midget....maaf.
Hasil googling dan tanya sana sini mengatakan kl di Thailand masih bisa mendapatkan mesin dalam kondisi bagus Atau minim bekas rekondisi. Yah di Thailand memang populasi tuk tuk (generasi setelah bemo) masih banyak dan jadi primadona pariwisata negeri itu. Tapi tentunya tidak mudah untuk mendatangkan mesin dari sana karena pertimbangan biaya kirim dan lain lain. Sementara toko2 penyuplai onderdil bemo di tanah air tdk punya stok mesin jg.
Rupanya nasib masih berpihak. Saat sy cuti ke Jakarta tahun lalu saya sempat main ke daerah Kalimalang. Di situ masih banyak saya jumpai bemo2 yang beroperasi dan bahkan ada satu tempat yg menurut saya menjadi bengkel merangkap pool untuk bemo2 yang perlu perawatan. Tanpa membuang waktu saya mencari kawan2 yang berdomisili di sekitar Kalimalang. Akhirnya berkat bantuan teman Mr. Pram saya mendapatkan infomasi salah satu armada yang telah pensiun siap untuk dilepas. Memang sangat disayangkan bahwa unit yang satu ini tidak dapat saya selamatkan/dihidupkan kembali. Tapi mau bagaimana lagi saat ini saay benar2 memerlukan onderdil dari mobil donor. Dengan berat hati maka di kanibal lah 1 unit daihatsu midget....maaf.
8 komentar:
halo om Budi..apa kabar nih? semoga sehat selalu yah oom...gimana kelanjutan si bemo om? menunggu kabarnya nih..or kalo boleh sih pgn mampir ke bengkel tempat si bemo di bangun..hehehe...ditunggu kabarnya om..
Kabar baik mas Hendra. terimakasih do'a nya moga2 mas Hendra juga sehat selalu. Bemo masih belum ada perkembangan berarti mas...terus terang ada beberapa project "sisipan" yg saya tidak/belum upload di blog karena kesibukan. Bemo smentara ini ada di Madiun mas di tempat orang tua. nant imudah2an dapat montir dan tukang las yang cocok sehingga segera bisa jalan bemo nya he he..
semoga cepat dimulai prosesnya si bemo ini... :)
Siap mas Pram...trims sdh mampir ya..he he
om gmn kelanjutan si "kandang pitik',nya?? saya jadi penasaran, gara2 baca blog ini jd suka sama bemo. oiaa sy sering liat steyr puch haflinger ngejogrog di pinggir jalan di daerah padalarang,siapa tw om minat buat restorasi.
trim sdh mampir mas rajib, he he jadi malu kalau ditanya progress bemo. blom bergerak soal nya mas. InsyaAllah lain kesempatan sdh bisa ada pergerakan si bemo ini...
Salam kenal mas..kalo mau di swap mesin nya bisa pake mesin apa ya itu bemo?
Ochhh kandang ayamku malang
Posting Komentar